Penyebab Gigi Sensitif



1.  Menggunakan Obat Kumur

Terlalu Banyak Menggunakan obat kumur terlalu sering untuk menghilangkan bau mulut dapat membuat gigi anda menjadi sensitif. Hal ini dikarenakan beberapa jenis obat kumur mengandung asam yang mungkin membuat gigi sensitif anda menjadi lebih sensitif. Tanyakanlah pada dokter gigi anda mengenai obat kumur yang tidak mengandung asam yang dapat anda gunakan.

2.  Mengkonsumsi Makanan Asam

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman asam dapat mengikis email gigi anda dan membuat gigi anda menjadi sensitif karena tidak adanya email yang melapisi dentin gigi. Jika anda tidak dapat berhenti mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman asam tersebut, netralkanlah asam di mulut anda dengan selembar keju atau segelas susu.

3.  Pemutih Gigi dan Pasta Gigi

Beberapa orang dapat mengalami gigi sensitif akibat penggunaan pemutih atau pasta gigi yang mengandung pemutih berbahan dasar peroksida. Sensitivitas gigi ini biasanya hanya berlangsung sementara dan menghilang setelah anda berhenti menggunakan pemutih atau pasta gigi tersebut. Tanyakanlah pada dokter gigi anda mengenai pemutih atau pasta gigi yang dapat anda gunakan.

4.  Resesi Gusi

Resesi gusi merupakan suatu keadaan di mana gusi menurun dan membuat akar gigi terlihat. Akar gigi mengandung saraf yang akan menimbulkan rasa nyeri bila tidak lagi terlindung oleh gusi dan menyebabkan gigi anda menjadi sensitif. Segera hubungi dokter gigi anda untuk mengatasi resesi gusi tersebut.

5.  Menyikat Gigi Terlalu Keras

Jangan berpikir bahwa dengan menyikat gigi lebih keras, maka gigi anda akan lebih bersih. Menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang keras dapat menyebabkan terjadinya resesi gusi. Hal ini juga dapat mengikis lapisan email gigi anda dan membuat lapisan dentin (berwarna kuning) tidak terlindung. Lubang yang sangat kecil pada lapisan dentin gigi dapat membuat makanan atau minuman panas, dingin, dan manis menstimulasi saraf gigi dan menimbulkan nyeri.

6.  Paska Melakukan Tindakan Gigi

Merawat gigi anda secara teratur ternyata juga dapat membuat gigi anda menjadi sensitif. Segala tindakan gigi seperti membersihkan gigi, memasang gigi palsu, atau tindakan lainnya dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif selama beberapa waktu.

7.  Gigi Retak

Mengunyah es batu atau menggigit permen yang keras dapat menyebabkan gigi patah atau retak. Saat gigi retak, maka saraf yang terdapat di lapisan dalam gigi menjadi teriritasi. Retakan gigi ini juga dapat diisi oleh bakteri dan menyebabkan terjadinya peradangan yang akan membuat gigi anda terasa lebih nyeri.

8.  Menggeretakkan Gigi

Email gigi merupakan bahan terkuat pada tubuh anda, akan tetapi tetap tidak dapat melawan kekuatan gertakan gigi anda. Seiring dengan berlalunya waktu, kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur (bruxism) dapat mengikis email dan membuat gigi anda menjadi lebih sensitif.  Gunakanlah pelindung gigi untuk melindungi gigi anda saat tidur.

9.  Pembusukan Gigi

Pembusukan gigi seperti halnya gigi berlubang membuat akar gigi anda yang rentan terhadap berbagai iritan seperti panas, dingin, manis, dan bahkan udara terlihat yang membuat gigi anda menjadi sensitif. Menjaga kebersihan mulut, diet sehat, dan memeriksakan keadaan gigi anda secara teratur pada dokter gigi merupakan cara terbaik untuk mencegah pembusukan dan gigi berulang.

10.  Usia Gigi

sensitif banyak dialami oleh orang yang berusia antara 25-30 tahun.

11.  Plak Pada Gigi

Penumpukan plak pada permukaan akar gigi dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif.

12.  Gangguan Gusi

Peradangan dan luka pada jaringan gusi dapat membuat gigi menjadi sensitif karena hilangnya ligamen yang menyangga gigi, dan membuat akar gigi terlihat.

Sumber: webmd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mekanisme terjadinya Lubang pada Gigi yang menyebabkan terjadinya Infeksi (bengkak), beserta cara merwat dan pencegahannya

Bayi Anda Tiba-Tiba Panas, Rewel.. Jangan Panik, Sapa Tau Giginya Tumbuh. Kenali Gejalanya..

Kapan anak harus dibawa ke dokter gigi untuk pertama kali? Mengapa gigi susu harus dirawat? Apa saja tips-tips perawatan gigi anak yang baik?